You're Here: Home » Perawatan » Perawatan Rambut Bagi Para Hijabers

Perawatan Rambut Bagi Para Hijabers

Perawatan Rambut Bagi Para HijabersCaraMemutihkanWajah.org – Hijab adalah kewajiban setiap perempuan muslim. Tak hanya menjadi kewajiban, di era modern sekarang ini hijab sudah menjadi tren di kalangan wanita muslim dalam memakai busana. Gaya dan jenis kerudung sudah semakin beragam. Tak jarang para wanita muslim membuat tutorial berbagai gaya hijab untuk menunjang penampilan agar  lebih cantik dan menarik. Namun hal tersebut malah membuat mereka lupa dengan kondisi kesehatan rambut. Walau rambut selalu tertutup, bukan berarti harus melupakan untuk menjaga kesehatan rambut bukan?

Rambut nan indah dan sehat adalah keinginan setiap wanita. Termasuk wanita berhijab. Rambut yang tertutup rapat akan kekurangan oksigen dan rambut akan menjadi lembab dan panas. Rambut wanita berhijab sangat membutuhkan perawatan yang lebih. Wanita berhijab cenderung memiliki masalah pada rambutnya, seperti rambut tidak dirawat secara teratur tentu akan cepat rusak, berketombe, berminyak,  kering, bercabang, rontok ataupun patah dan lepek.

Jangan sampai saat merawat rambut salah memberikan perlakuan. Maka dari itu rawatlah rambut dengan cara yang tepat dan benar meski berhijab. Wanita berhijab tidak perlu repot untuk merawat rambutnya. Perawatan rambut bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentu cara merawat rambut bagi wanita berhijab sangatlah berbeda dengan mereka yang tidak berhijab. Bagi wanita berhijab yang suka melakukan perawatan yang mudah dilakukan dan simple, perawatannya bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

  1. Rajinlah menyisir rambut sebelum atau sesudah memakai kerudung atau menyisir rambut 3 sampai 4 kali sehari. Gunakan sisir rambut yang bergerigi jarang.
  2. Keramas 2-3 minggu seminggu. Saat keramas, fokuslah membersihkan dibagian kulit kepala.
  3. Jika memiliki rambut yang panjang, jangan terlalu kencang saat mengikat karena dapat menyebabkan rambut patah dan hindari jepitan besi. Saat mengikat dan memakai kerudung, rambut harus benar –benar dalam keadaan kering. Kondisi rambut yang basah bisa menimbulkan bau yang apek atau tidak sedap, ketombe, dan rasa gatal pada kulit kepala.
  4. Gunakan model hijab yang praktis. Hindari model hijab yang menggunakan kerudung bertumpuk. Memilih bahan kerudung yang bisa menyerap keringat dan pori-porinya bisa melancarkan sirkulasi udara seperti kerudung yang berbahan katun atau kaos.

Selain dengan cara perawatan rambut seperti diatas. Wanita berhijab dapat melakukan perawatan rambut di salon langganannya. Perawatan yang dilakukan secara rutin seperti:

  1. Creambath, krim yang digunakan creambath berbahan alami seperti terbuat dari kemiri yang dapat menghitamkan rambut, ginseng untuk menguatkan akar rambut, alpukat dan minyak zaitun untuk melembabkan rambut agar tidak kering, dan untuk rambut yang berminyak bisa menggunakan krim yang berbahan lidah buaya atau daun seledri.
  2. Hair spa, langkah ini sebenarnya tidak jauh beda dengan creambath. Yang membedakan hanya pada krim yang digunakan. Krim yang digunakan Hair spa lebih cenderung wangi-wangian, seperti minyak atsiri yang dicampur dengan aroma jeruk untuk menyegarkan, aroma lavender untuk menenangkan, ataupun aroma daun mint untuk memberikan kesan dingin pada kulit kepala. Hair spa juga memberikan kelebihan dapat membuat rambut menjadi halus.

Itulah berbagai macam perawatan untuk rambut wanita yang berhijab. Semoga informasi  ini dapat memberikan manfaat bagi anda wanita berhijab.