You're Here: Home » Perawatan » Cukur atau Waxing ? Manakah yang Lebih Baik ?

Cukur atau Waxing ? Manakah yang Lebih Baik ?

Cukur atau Waxing ? Manakah yang Lebih Baik ?CaraMemutihkanWajah.org – Akhir-akhir ini waxing menjadi populer semenjak diramaikan oleh para artis Indonesia dan manca negara. Mereka menggunakan waxing sebagai cara cepat untuk menghilangkan bulu-bulu pada bagian tertentu yang mereka anggap tidak baik dan mengganggu penampilan mereka.

Namun, tahukah anda manakah yang lebih baik antara waxing dengan cukur alami ? dalam kesempatan kali ini kita akan membagikan informasi perbandingan antara cukur dan waxing.

Cukur atau waxing yang lebih baik ? Mari kita bahas bersama.

  1. Bila Anda mencukur bulu-bulu, Anda hanya butuh persiapan untuk membasahi bagian yang akan dicukur, misalnya saja bulu kaki kemudian diberi krim halus dan Anda bisa mencukur saat itu juga. Sedangkan bila Anda menggunakan waxing, Anda harus datang ke salon kecantikan yang menyediakan waxing sebagai metode penghilang bulu, setelah itu Anda harus menunggu sampai wax hingga cair dan dioleskan pada bagian yang ingin diwaxing. Tunggu hingga lapisan yang diolesi wax kering dan mengeras baru setelah itu cabut dengan kertas waxing dan bulu pun akan hilang.
  2. Pada dasarnya mencukur rambut secara alami ataupun dengan menggunakan waxing sama saja, karena dua hal ini bersifat sementara, bukan permananen. Namun, perbedaannya adalah bila dicukur alami bulu rambut akan tumbuh setelah 3 hari dan bila menggunakan metode waxing, bulu akan tumbuh 3 hingga 6 minggu setelah di waxing.
  3. Dilihat dari segi biaya, jelas saja cukur bulu secara alami lebih hemat karena Anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan modal membeli krim di salon kecantikan kemudian mencukur bulu tersebut. Sedangkan bila Anda ingin melakukan waxing, Anda harus merogoh kocek cukup dalam, karena Anda harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke salon dan menggunakan metode yang lebih modern dengan peralatan yang lebih modern.
  4. Tahukah Anda bahwa waxing dan cukur bulu alami sama-sama menimbulkan resiko adanya ingrown hair ? Ingrown hair adalah rambut yang tumbuh kedalam. Hal ini bisa terjadi akibat pencukuran atau pencabutan bulu melalui waxing. Akibatnya rambut tidak keluar dari folikel rambut dan timbul bekas seperti keloid. Jadi kedua teknik ini sama-sama memiliki kelemahan.

Perlu Anda tahu bahwa mencukur maupun waxing bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Dan bisa jadi menyebabkan luka dikulit yang bisa menyebabkan infeksi. Untuk itu disarankan sebelum mencukur maupun sebelum melakukan waxing berilah antibiotik atau antiseptik yang berguna untuk mengurangi bakteri yang ikut masuk ke pori-pori kulit.

Dengan beberapa perbedaan dan persamaan diatas, bagaimana menurut Anda ? Manakah yang lebih baik ? Semua ini tergantung pada kepribadian Anda dan juga cara pandang Anda dalam mengambil keputusan.