You're Here: Home ┬╗ Kesehatan Kulit ┬╗ Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar MatahariCaraMemutihkanWajah.org – Sebagian orang memilih liburan di tempat yang terbuka seperti liburan ke pantai. Namun, ada beberapa dari kita yang tidak mengetahui, kalau berlama-lama di bawah terik matahari maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah anda. Kulit yang merona merah, tampak gelap, dan kulit yang mengelupas itu adalah pertanda kalau kulit wajah anda terbakar sinar matahari.

Jika bepergian usahakan menggunakan tabir surya atau body lation, sehingga kecil kemungkinan matahari tidak akan terlalu membakar kulit anda. Namun jika sudah terlanjur keluar tanpa menggunakan pelindung kulit dan kulit anda sudah terlanjur mengalami gangguan dan iritasi ataupun terbakar, anda bisa menggunakan cara yang lebih efisien untuk menangani kulit terbakar sinar matahari:

Gunakan Air Dingin

Biasanya jika kulit sudah terbakar sinar matahari, kulit anda akan terasa panas dan perih. Hal yang seharusnya anda lakukan pertama adalah mengambil kain yang berisi es batu. Usapkan di wajah anda secara perlahan-lahan. Penggunaan air dingin ini manfaatnya agar suhu di kulit yang terbakar sinar matahari menurun.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung licodaine yang mampu mengurangi rasa perih pada kulit yang terbakar sinar matahari. Pertama-tama ambil lidah buaya. Kemudian bagi dua. Di sela-sela potongannya akan ada lendir/gel yang keluar. Nah, gelnya inilah yang digunakan sebagai masker.  Setelah itu, diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Gunakan 3-4 kali dalam sehari.

Kunyit

Sejak dulu kunyit dijadikan sebagai cara memutihkan wajah oleh nenek moyang kita. Namun, seiring berkembangnya zaman, ternyata kunyit tidak hanya memutihkan wajah, tetapi kunyit juga bisa mengatasi kulit terbakar terkena sinar matahari. Caranya, campurkan kunyit yang sudah diparut hingga halus dengan susu bubuk. Beri sedikit air agar campurannya seperti pasta. Lalu, gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Pepaya

Buah yang satu ini ternyata juga banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk memperlancar pencernaan ternyata pepaya bisa mengembalikan wajah yang tadinya gelap dan terbakar karena sinar matahari menjadi cerah lagi. Ambil buah pepaya, kemudian blender hingga halus. Selanjutnya anda aplikasikan di wajah anda selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Madu

Siapa yang tidak tahu khasiat dari madu. Semua orang sudah percaya dengan khasiat madu yang terbilang ampuh dalam mengatasi masalah kulit wajah. Apalagi mengatasi kulit wajah yang gelap karena terbakar sinar matahari. Caranya cukup mudah, 3 sendok makan madu di campur dengan 2 sendok makan perasan jeruk nipis. Kemudian aduk dengan rata. Dan aplikasikan di wajah anda secara merata. Gunakan 3 kali seminggu dan setiap menggunakan campuran ini jangan lupa membilasnya dengan air hangat.

Untuk mendapatkan kulit putih bersih dan cerah anda kembali, cobalah salah satu tips di atas. Menggunakan bahan alami perlu kesabaran agar hasilnya juga maksimal. Usahakan anda rutin mengaplikasikan tips masker di atas. Agar kulit anda kembali menjadi normal seperti sebelum kulit wajah anda terbakar sinar matahari. Selamat mencoba.