You're Here: Home » Jerawat » Cara Mencegah Jerawat di Wajah

Cara Mencegah Jerawat di Wajah

Cara Mencegah Jerawat di WajahJerawat adalah salah satu masalah kulit di wajah. Dampak timbulnya jerawat membuat penampilan seseorang merasa tidak percaya diri. Bahkan merusak kecantikan wajah. Jerawat sendiri timbul dikarenakan wajah memproduksi kelenjar minyak secara berlebih.

Kulit wajah yang memproduksi kelenjar minyak secara berlebih berakibat menyumbat  pori-pori dan saluran folikel rambut. Selain itu, jerawat juga muncul karena dipengaruhi oleh hormon, pola hidup yang tidak sehat, faktor genetik, tingkat kebersihan wajah dan banyak pikiran serta iritasi yang disebabkan oleh bakteri.

Banyak dampak yang dapat merugikan jika jerawat muncul di kulit wajah. Yang pertama, anda akan kurang menarik. Kedua, wajah putih yang anda rawat dengan cara memutihkan wajah terkesan sia-sia. Dan yang ketiga, kurangnya kepercayaan diri dan anda akan merasa risih jika bertemu orang-orang.

Kebanyakan orang akan memilih cara yang praktis untuk mencegah timbulnya jerawat. Contohnya, krim wajah pencegah jerawat. Terkadang, banyak yang memilih krim wajah yang tidak cocok dengan kulit wajahnya. Padahal memilih krim wajah adalah hal yang penting. Karena jika salah, anda yang akan dirugikan. Jadi anda harus pandai-pandainya memilih krim wajah yang sesuai dengan kulit wajah anda.

Cara mencegah jerawat secara alami bisa dimulai dengan mengonsumsi vitamin A dan vitamin E. Karena seseorang rentan terkena jerawat jika dalam tubuhnya banyak mengandung vitamin A dan E. Vitamin A dan E sendiri banyak terdapat di dalam buah-buahan atau makanan. Contohnya, pisang, apel, semangka dan tomat.

  • Pisang banyak mengandung vitamin A. Kedua kandungan ini dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah. Karena, vitamin A sangat bermanfaat untuk pengeluaran sebum.
  • Apel mengandung vitamin A, C, dan E. Buah yang kaya akan khasiat ini juga dapat mencegah jerawat. Cukup mengonsumsinya setiap hari.
  • Semangka mengandung vitamin A, B, dan C. Buah ini berfungsi untuk melembabkan kulit wajah anda agar tidak mudah terkena jerawat.
  • Tomat kaya akan vitamin A-nya. Tomat sendiri berfungsi mencegah kerusakan pada kulit wajah.

Jika anda tidak terlalu suka mengonsumsi buah, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain untuk mencegah timbulnya jerawat. Contohnya membuat masker alami yang mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Jeruk nipis atau lemon: Gunakan dua kali seminggu perasan jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan air mawar. Jeruk nipis dan lemon mengandung asam sitrat yang berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati atau sel yang  rusak di kulit wajah serta mengurangi minyak berlebih di kulit wajah anda.

2. Putih telur: pisahkan putih telur dan kuningnya. Lalu putih telur dikocok, setelah itu dioleskan di wajah anda. Gunakan hinga 15 menit lamanya. Kemudian bilas dengan air hangat. Putih telur berfungsi untuk melembabkan kulit wajah agar rentan terkena jerawat.

Jerawat sendiri sudah lazim bagi wanita maupun pria. Namun, jika anda merawat wajah dengan telaten, resiko mengalami jerawat akan berkurang. Tergantung bagaimana anda merawat kulit wajah. Anda bisa mulai dengan berolahraga, meminum air putih di pagi hari dan pola makan yang sehat dan teratur. Sekian cara mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah. Semoga bermanfaat.