You're Here: Home » Perawatan Wajah » 6 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Seiring bertambahnya usia, permasalahan yang dialami oleh wajah pun semakin beragam. Salah satunya timbulnya flek atau bintik-bintik hitam yang kotor dan sama sekali nggak enak untuk dipandang.

Flek hitam atau yang juga disebut sebagai hyperpigmentasi merupakan akibat dari sekresi berlebihan dari melanin. Beberapa faktor pemicunya karena penuaan, paparan sinar matahari, polusi, maupun stres.

Flek Hitam di Wajah Jangan Dikoleksi. Lakukan 6 Cara Ini Agar Wajah Anda Kembali Cantik dan Bersih!

Memang bukan perkara mudah untuk menghilangkannya, namun bukan berarti hal ini nggak ada solusinya, Ledies! Ada beberapa cara alami dan aman untuk membasmi flek hitam, dan cara-cara di bawah ini sudah pasti bisa Anda sontek dengan mudah!

1. Bubuk kayu cendana (sandalwood) yang dicampur dengan air mawar dan lemon mampu menyapu bersih flek hitam yang mengotori wajah.

Serbuk kayu cendana dan air mawar

Serbuk kayu cendana dan air mawar via www.girlscosmo.com

Serbuk kayu cendana merupakan salah satu bahan pemutih alami sekaligus dapat mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Bahan alami ini bisa jadi alternatif tepat bagi Anda yang ingin segera menyingkirkan flek hitam di wajah.

Sediakan bubuk kayu cendana, air mawar dan jus lemon. Campurlah ketiga bahan tersebut dengan takaran masing-masing 1 sdm. Cuci bersih wajah Anda terlebih dahulu, kemudian oleskan masker tersebut pada wajah Anda.

Rutin lakukan masker ini setidaknya dua kali dalam seminggu agar flek hitam di wajah cepat memudar. Anda bisa membeli serbuk kayu cendana ini di toko-toko kecantikan.

2. Minyak Vitamin E yang dicampur dengan minyak pohon jarak adalah ramuan sempurna untuk menghilangkan bekas luka dan mencegah penuaan.

Minyak Vitamin E

Minyak Vitamin E via www.biokrasota.ru

Vitamin E adalah antioksidan yang mujarab untuk menyembuhkan dan memperbaiki berbagai bekas luka pada kulit. Vitamin ini dapat meresap hingga ke lapisan dalam kulit dan mampu menstabilkan produksi kolagen sehingga kulit tidak cepat mengalami penuaan.

Untuk menghilangkan flek hitam, campurlan vitamin E dengan minyak pohon jarak. Kemudian oleskan pada flek-flek hitam di wajah menggunakan bola kapas. Tunggu sampai meresap dan kering, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa mendapatkan kedua bahan tersebut di apotek.

3. Air perasan kentang yang ditambahkan lemon dan madu, dapat Anda jadikan sebagai senjata mutakhir pembasmi flek hitam yang tak kunjung hilang.

Kentang menghilangkan flek hitam

Kentang menghilangkan flek hitam via www.delaismelo.ru

Kandungan zat fitokimia, nutrisi, lemak esensial, vitamin, dan mineral yang terdapat pada kentang menjadikannya sebagai solusi tepat dan paket lengkap untuk membasmi flek-flek hitam yang bertebaran di wajah. Kentang dapat memicu produksi kolagen, dan vitamin C-nya mampu menyingkirkan sel kulit mati.

Cara menghilangkan flek hitam dengan kentang sangatlah mudah, Anda cukup memarutnya hingga halus. Kemudian tambahkan sedikit air, dan peras hingga keluar sari-sarinya. Berikan ½ sdt perasan jeruk nipis dan madu, lalu aduk sampai tercampur rata.

Oleskan air perasan tersebut pada flek hitam, dan diamkan hingga meresap kurang lebih selama 20 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan cara tersebut setiap hati untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Kata siapa kulit semangka nggak ada gunanya? Anda bisa mengolahnya menjadi masker pembersih flek hitam di wajah lho!

Kulit semangka membersihkan flek htam

Kulit semangka membersihkan flek htam via www.s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ternyata, kulit semangka memiliki khasiat yang ampuh untuk menghapus noda-noda flek hitam pada wajah, lho. Kandungan vitamin, protein, dan lipase pada semangka sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

Cara pemakaiannya sangat mudah kok! Anda bisa langsung mengoleskan kulit bagian dalam semangka ke wajah Anda yang terdapat banyak flek hitam. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3x dalam seminggu.

Atau Anda juga bisa membuat masker dengan cara mengeringkan kulit semangka terlebih dahulu. Lalu giling kulit semangka hingga menjadi bubuk, dan campurlah dengan isi lidah buaya dan jus mentimun. Oleskan masker tersebut pada wajah, dan diamkan selama 20 menit.

5. Butter Milk memiliki kandungan asam laktat yang efektif untuk mencerahkan kembali flek hitam yang membandel!

Butter milk

Butter milk via ww.img.wonderhowto.com

Asam laktat yang terdapat pada butter milk diketahui mampu menghambat proses pigmentasi pada kulit sekaligus mengencangkan dan mencerahkan kembali flek-flek dan bekas noda menghitam pada wajah tanpa menyebabkan rasa panas.

Cara penggunaannya juga sangat praktis, yakni dengan mencampurkan 4 sdt butter milk dan 2 sdt jus tomat. Campur kedua bahan tersebut hingga rata, lalu oleskan pada wajah dan leher, terutama area yang terdapat banyak flek hitam. Diamkan selama selama 15 menit, dan bilaslah dengan air.

6. Enzim papain dalam pepaya dapat mencegah terjadinya pigmentasi sekaligus menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih indah!

Buah pepaya menhilangkan flek hitam

Buah pepaya menhilangkan flek hitam via www.4.bp.blogspot.com

Buah pepaya dikenal memiliki enzim papain yang dapat mendorong proses regenerasi kulit, sehingga kulit akan terlihat segar dan awet muda. Tak hanya itu, enzim ini dapat mencegah terjadinya pigmentasi yang menyebabkan penghitaman pada kulit.

Pilihlah pepaya yang masih muda karena mengadung lebih tinggi papain, namun rasanya memang sedikit menyengat dan gatal. Namun bila tidak nyaman, gunakan saja pepaya yang matang, kandungan papainnya juga cukup banyak kok.

Hancurkan buah pepaya hingga halus hingga menyerupai seperti pasta. Kemudian oleskan langsung pada wajah yang terdapat flek hitam. Atau Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar hasilnya terasa lebih segar. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Menghilangkan flek hitam dan membuat wajah jadi kembali bersih bersinar menggunakan bahan-bahan alami memang tidak bisa Anda peroleh dengan cepat. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Namun percayalah, setelah hasilnya mulai tampak, Anda tidak akan pernah menyesal dan pasti akan puas dengan hasilnya!