You're Here: Home » Perawatan Wajah » 5 Mitos Perawatan Wajah yang Tidak Boleh Lagi Anda Percaya

5 Mitos Perawatan Wajah yang Tidak Boleh Lagi Anda Percaya

Hai Ladies! ada banyak sekali mitos atau informasi yang simpang siur seputar perawatan wajah dan terlanjur tersebar di sekitar kita. Pastinya, ketidakjelasan informasi itu akan membuat Anda bingung dan merasa khawatir. Ada yang mengatakan scrub wajah dapat membuat kulit tipis, facial menyebabkan pori-pori membesar, dan lain-lain.

Mitos-mitos tersebut juga merupakan salah satu kendala bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah. Memang, kita harus lebih cermat lagi untuk mempercayai tips-tips kecantikan, karena kalau kita salah maka wajah kitalah yang jadi korbannya.

Hari Gini, Jangan Sampai Tertipu Mitos Basi. Lima Mitos Perawatan Wajah Ini Harus berhenti Anda Percayai Mulai Saat Ini!

Nah, sekarang Anda tak perlu merasa was-was lagi. Kali ini kami akan membeberkan penjelasan mengenai mitos-mitos yang salah kaprah yang selama ini sudah terlanjur tersebar di masyarakat!

1. “Mencuci wajah cukup dua kali sehari. Jangan lebih dari itu, nanti kulit wajah Anda bisa kering!”

Mencuci wajah jangan lebih dari 2x

Mencuci wajah jangan lebih dari dua kali via www.cell-public.s3-ap-northeast-1.amazonaws.com

Informasi ini memang benar adanya. Banyak sekali artikel-artikel mengenai perawatan wajah yang juga menyarankan kita untuk mencuci wajah tidak lebih dari dua kali dalam sehari, yakni setelah bangun tidur dan sore atau malam hari setelah melakukan aktivitas.

Namun hal ini ternyata sifatnya tidak mutlak kok. Alasan mengapa kita tidak disarankan untuk mencuci muka lebih dari dua kali sehari adalah dikhawatirkan dapat menghilangkan minyak alami yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga wajah menjadi kering.

Namun, apabila Anda termasuk orang yang selalu beraktivitas fisik di luar ruangan, maka apa boleh buat? Agar selalu bersih, Anda pun harus sering mencucinya. Tapi, kurangi kuantitas sabun setiap kali mencuci wajah. Gak perlu pakai banyak-banyak.

2. “Nggak usah repot-repot facial, karena justru bikin pori-pori wajah Anda jadi makin membesar.”

Facial membuat por-pori membesar

Facial membuat por-pori membesar via www.static.guim.co.uk

Facial seringkali dijadikan kambing hitam soal membesarnya pori-pori. Padahal facial adalah cara paling tepat untuk membersihkan wajah secara mendalam, karena ada ritual mengeluarkan komedo yang terjebak dalam pori-pori.

Namun jangan salah, jika perawatan facial dilakukan sesuai dengan aturan mainnya, pori-pori akan tertutup kembali dan tak akan melebar dan membesar, kok. Justru melalui proses facial ini, Anda akan mendapatkan treatment khusus yang berguna untuk membersihkan sekaligus menutrisi wajah.

Setiap orang juga memiliki karakteristik pori-pori yang berbeda pula, sesuai dengan jenis kulit. Biasanya, pori-pori yang membesar ini disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan oleh keluarga dan menyebabkan wajah Anda jadi berminyak. Sedangkan pori-pori yang melebar disebabkan oleh faktor usia.

3. “Kalau tidur, jangan pakai produk-produk kecantikan lagi karena berbahaya dan bisa merusak wajah!”

Tidur gak boleh pakai makeup

Tidur gak boleh pakai makeup via www.infofaraku.files.wordpress.com

Ada yang bilang, saat tidur di malam hari biarkanlah kulit wajah Anda terbebas sejenak dari segala macam produk kecantikan. Anggapan ini benar sekali, jika yang dimaksud dengan produk kecantikan adalah makeup.

Sebelum kita terlelap tidur, wajib hukumnya untuk membersihkan wajah dari makeup, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan jerawat dan merusak kulit. Namun setelahnya justru sangat disarankan untuk memberikan krim pelembab wajah.

Pada saat kita tidur, kulit kita sedang aktif-aktifnya melakukan regenerasi dan memperbaiki kulit yang rusak. Nah, krim malam memiliki kandungan nutrisi yang berguna menunjang proses tersebut. Rajin memakai krim malam akan membuat wajah Anda senantiasa segar dan awet muda.

4. “Stop melakukan peeling atau scrub wajah, kalau nggak ingin wajah Anda semakin lama semakin tipis!”

Scrub dapat menipiskan wajahmu

Scrub dapat menipiskan wajah Anda via www.imbbpullzone.laedukreationpvt.netdna-cdn.com

Banyak yang takut untuk melakukan peeling atau scrub dengan alasan kulit wajah akan semakin menipis dan semakin sensitif. Memang sih, fungsi melakukan peeling dan scrub adalah untuk mengikis kulit, namun yang dikikis adalah sel-sel kulit yang telah mati. Nah, sel kulit mati itulah yang menyebabkan wajah Anda nampak kusam dan menghitam.

Agar Anda tak salah paham lagi, perlu Anda pahami bahwa kulit akan terus-menerus beregenerasi setidaknya dalam jangka waktu 28 hari sekali. Mencuci wajah saja tak akan cukup kuat untuk mengangkatnya, itulah sebabnya Anda perlu melakukan perawatan ini.

Yang harus Anda hindari adalah melakukan peeling atau scrub pada saat Anda berjerawat karena bisa membuatnya semakin meradang dan iritasi. Jika kulit Anda termasuk sensitif, pilihlah bahan-bahan scrub yang lembut dan bulirnya nggak terlalu kasar.

5. “Anak remaja dilarang melakukan perawatan wajah karena usianya masih belum cukup umur.”

Anak remaja dilarang melakukan perawatan wajah

Anak remaja dilarang melakukan perawatan wajah via www.chicashoy.net

Mungkin Anda sendiri mengalami hal ini pada saat remaja. Banyak orangtua melarang anak-anaknya yang masih remaja untuk melakukan perawatan wajah dengan alasan masih belum cukup umur. Padahal untuk melakukan perawatan wajah tak ada batasan umur, tak seperti mengendarai motor dan mobil.

Pada faktanya, di usia remaja kita justru mengalami berbagai permasalahan wajah yang disebabkan oleh masa pubertas atau perubahan hormon. Wajah kita tiba-tiba berubah jadi penuh jerawat dan berminyak. Lebih baik hal ini ditangani dengan cepat agar nggak semakin parah.

Selama penanganannya baik dan berada dalam pengawasan dokter kulit, maka sudah isa dijamin tidak akan berbahaya. Melakukan perawatan wajah sejak dini akan mencegah terjadinya permasalahan kulit wajah yang lebih serius dan merugikan.

Nah, setelah membaca artikel ini, apakah Anda jadi semakin paham dan jelas mengenai mitos-mitos yang selama ini Anda percayai, Ladies? Mulai sekarang jangan gampang percaya dulu ya sebelum Anda mencari tahu informasi dan penjealasannya. Semoga bermanfaat!